Minggu, 02 Mei 2010

Cabe terpedas di dunia

Cabai terpedas di dunia ini mempunyai nama Bhut Jolokia. Bhut Jolokia ini berasal dari India. Tingkat kepedasan yang dihasilkan bisa mencapai 1000 kali lipat dari cabe biasa yang biasa kita temui di dapur. Bayangkan, 1000 kali lipat!!!. Oleh karena daya pedasnya yang sangat tinggi, maka oleh para ilmuwan, buah cabe ini menjadi inspirasi untuk menciptakan granat yang berisikan serbuk dari cabe Bhut Jolokia.

Saat diuji tingkat kepedasannya dengan menggunakan skala Scoville Heat Unit(SHU), ternyata cabe Bhut Jolokia memiliki tingkat kepedasan hingga 1 juta SHU. Artinya hampir dua kali lebih pedas daripada buah cabe pemegang rekor sebelumnya “Red Sawina” yang nilai SHU-nya hanya mencapai 577.000 saja. Hasil penelitian ini dilakukan dan diumumkan oleh American Society For Horticultural Science.

Nama “Bhut Jolokia” sendiri berarti “Cabe Hantu”. Mungkin cabe ini dinamakan dengan nama tersebut karena kepedasannya yang seperti setan. Saking pedasnya digambarkan bisa serasa “lepas nyawa” kalau dimakan. Cabe ini rupanya berdampak besar terhadap industri makanan, karena mereka tidak perlu lagi cabe dalam jumlah cukup banyak, namun cukup dengan sedikit saja Bhut Jolokia, sudah mampu membuat makanan menjadi sangat pedas.

Weleh, weleh, Mantabs gan


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog