Minggu, 02 Mei 2010

25 BENCANA TERBESAR YANG DIAKIBATKAN OLEH SOFTWARE

1. Roket Mariner I (1962)

Spoiler for 1:



Kerugian: $18.5 juta

Bencana: Roket ini keluar dari jalur peluncuran dan kemudian hancur lebur setelah 293 detik dari peluncuran.

Penyebabnya: Programmer lupa menuliskan sebuah code overbar. Tanpa kode tersebut, software melakukan kesalahan kalkulasi kecepatan roket.



2. Satelit Eole I (1971)

Spoiler for 2:



Kerugian: -

Bencana: Satelit milik Prancis ini jatuh dengan membawa 72 balon cuaca.

Penyebabnya: Permintaan untuk mengirim data pengukuran diterjemahkan keliru oleh software sebagai perintah self-destroy.



3. Satelit Nimbus 7 (1978)

Spoiler for 3:



Kerugian: -

Bencana: Satelit ini mengabaikan lubang ozon di atas Antartika.

Penyebabnya: Software analisis menganggap nilai yang tidak lazim sebagai kesalahan dalam pengukuran dan kemudian mengoreksinya.



4. Runtuhnya Colesium Hartford (1978)

Spoiler for 4:



Kerugian: $70 juta, plus kerugian perekonomian sebesar $20 juta.

Bencana: Beberapa jam setelah ribuan penggemar meninggalkan Coliseum Hartford, kisi-kisi baja atap runtuh karena beban salju basah.

Penyebabnya: Programer CAD merancang atap coliseum yang salah.



5. Reaktor Atom (1979)

Spoiler for 5:



Kerugian: -

Bencana: Lima reaktor atom Amerika tidak berfungsi karena software memberikan nilai yang keliru untuk pengukuran kekuatan gempa bumi.

Penyebabnya: Program melakukan penjumlahan yang seharusnya menghitung akar dari jumlah kuadrat.



6. Pipa Gas Meledak (1982)

Spoiler for 6:



Kerugian: Jutaan dolar plus kerugian yang cukup besar terhadap Soviet.

Bencana: Pipa gas di Siberia meledak akibat over-pressure.

Penyebabnya: CIA diduga telah menanamkan sebuah bug pada sistem komputer Kanada yang dibeli oleh Soviet. Pembelian ini sebenarnya adalah bagian dari rencana Soviet untuk mencuri atau memperoleh teknologi AS. Ketika CIA mengetahui pembelian ini, mereka menyabotase perangkat lunak tersebut.



7. Nyaris Terjadi Perang Dunia Ketiga (1983)

Spoiler for 7:



Kerugian: Hampir seluruh kehidupan di bumi.

Bencana: Sistem peringatan dini milik Soviet mendeteksi adanya lima rudal balistik yang diluncurkan oleh Amerika Serikat. Untungnya petugas jaga Soviet tidak langsung percaya pada sistem tersebut dan beralasan, bila Amerika benar-benar menyerang, mereka akan meluncurkan lebih dari lima rudal, jadi dia melaporkan serangan yang tampak sebagai kesalahan sistem.

Penyebabnya: Sebuah bug dalam perangkat lunak Soviet salah mendeteksi sinar matahari yang memantul sebagai roket musuh.



8. Therac 25 (1985 - 1987)

Spoiler for 8:



Kerugian: Tiga orang meninggal. Tiga orang cedera parah.

Bencana: Alat terapi milik Kanada yang bernama Therac 25 melakukan radiasi yang berlebihan yang mengakibatkan kematian pada pasiennya.

Penyebabnya: Software hanya dapat melakukan beberapa tugas sekaligus dengan baik apabila pengguna memberikan perintah secara perlahan.



9. Wallstreet (1987)

Spoiler for 9:



Kerugian: $500 miliar dalam satu hari.

Bencana: Pada hari "Black Monday" (19 Oktober 1987), Dow Jones Industrial Average anjlok sebesar 508 poin, kehilangan 22,6% dari total nilai. S & P 500 turun 20,4%. Ini adalah kerugian terbesar Wall Street dalam satu hari.

Penyebabnya: Software bursa tidak cukup cepat memproses order pembeli saham. Akibatnya terjadi kepanikan dalam transaksi.




10. USS Vincennes (1988)

Spoiler for 10:



Kerugian: -

Bencana: Kapal perang AS ini menembak sebuah pesawat penumpang Airbus milik Iran, 290 penumpang tewas.

Penyebabnya: Sistem “Aegis” seharga 400 juta dollar melaporkan Airbus tersebut sebagai assumed hostile. Para crew kemudian menduga ada serangan pesawat tempur.



11. AT&T (1990)

Spoiler for 11:



Kerugian: Hilangnya 75 juta panggilan telepon, dan 200 ribu reservasi pesawat.

Bencana: Software telepon baru memaksa semua sentral swithching masuk ke dalam reset mode secara berantai. Oleh karena itu, telepon tidak dapat digunakan selama sembilan jam.

Penyebabnya: Sebaris code pada software yang kompleks yang baru saja diupgrade dengan tujuan untuk mempercepat proses lalu lintas jalur telepon malah menyebabkan jaringan telepon mati secara berantai.



12. Patriot (1991)

Spoiler for 12:



Kerugian: 28 tentara meninggal, 100 luka - luka.

Bencana: Pada masa Gulf War, sebuah sistem pertahanan misile Patriot milik Amerika di Arab Saudi gagal meng-intercept misil Scud milik Irak. Misil tersebut menghancurkan barak Amerika.

Penyebabnya: Sistem pembulatan software tersebut salah mengkalkulasi waktu, kemudian mengabaikan kedatangan misil Scud tersebut.



13. Pentium (1993)

Spoiler for 13:



Kerugian: $475 juta, dan kredibiltas perusahaan.

Bencana: Intel Pentium sangat merekomendasikan sebuah chip yang baru diluncurkannya. Namun chipt tersebut kadang-kadang membuat kesalahan ketika membagi angka floating-point dalam kisaran tertentu. Dengan perkiraan 5 juta cacat chip yang beredar, Intel Pentium menawarkan untuk mengganti chip hanya untuk konsumen yang bisa membuktikan bahwa mereka membutuhkan akurasi tinggi. Akhirnya Intel menggantikan chip untuk siapa pun yang melakukan komplain.

Penyebabnya: Sistem pembagian floating point pada Pentium memiliki kecacatan dan mengakibatkan kesalahan dalam pembulatan.



14. Denver Airport (1995)

Spoiler for 14:



Kerugian: -

Bencana: Sistem bagasi full-automatic baru ini tidak bekerja.

Penyebabnya: Terlalu banyak perintah yang kompleks sehingga software overload.



15. Ariane 5 (1996)

Spoiler for 15:



Kerugian: $500 juta

Bencana: Ariane 5, roket tak berawak Eropa, meledak hanya beberapa detik setelah diluncurkan. Turut hancur juga empat satelit yang recananya akan digunakan untuk mempelajari medan magnet bumi.

Penyebabnya: Shutdown terjadi ketika komputer mencoba untuk mengubah kecepatan ke samping roket dari format 64-bit ke 16-bit. Angka tersebut terlalu besar, sehingga menghasilkan kesalahan overflow.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog