Selasa, 04 Mei 2010

10 Pohon Paling Menakjubkan di Dunia

10. Lone Cypress in Monterey

Terletak di Monterey Peninsula, California. Karena dihimpit batu dan terletak pas diatas tebing, dengan pemandangan indah langsung menghadap Samudera Pasifik, membuat Pohon ini semakin indah untuk di pandang.

9. Circus Trees

Sebenenarnya ini merupakann pohon biasa dari jenis apa saja, namun sedari kecil di rangkai dan di bentuk sehinga menjadi bentuk seperti yang diinginkan. Di butuhkan keuletan dan kasih sayang ekstra sehingga terjadi pohon luar biasa seperti ini.

a. Basket Tree


b. The two-legged tree


c. Ladder tree


d. Axel Erlandson underneath one of his arborsculpture


8. Giant Sequoias: General Sherman

Pohon ini hanya tumbuh di Sierra Nevada, California. Jenis ini merupakan pohon terbesar di dunia (dalam hal volumenya/luas lebar). Dimana pohon yang paling besar dinamakan “General Sherman” terletak di Sequoia National Park.

Ukurannya mencapai 275 Kaki (83.8 m) dengan volume 52.500 (1.485 m3),


dengan berat lebih dari 6000 ton, dan berumur kurang lebih 2.200 tahun.


7. Coast Redwood: Hyperion and Drive-Thru Trees

Pohon ini termasuk jenis lain dari Sequoias. Namun berbeda dengan GIant Sequoias yang merupakan pohon terbesar, Coast Redwood merupakan pohon tertinggi. Salah satu pohon tertinggi berada di Leggett, California. Tinggi 315 kaki (95.5 m) , dengan pintu selebar 6 kaki (1.8 m), dan tinggi 9 kaki (2.8 m)

6. Chapel-Oak of Allouville-Bellefosse

The Chêne-Chapelle (Chapel-Oak) of Allouville-Bellefosse merupakan pohon paling terkenal di Perancis. Yang membuatnya unik, selain pohon ini bagus, karena di pohon ini ada bangunan dan monumen religius.

Pada tahun 1669, l’Abbe du Detroit and du Cerceau memutuskan untuk membangun chapel di pohon yg pada saat itu berumur 500 tahun. Sang pendeta kemudian membangun Virgin Mary.

Kemudian setelahnya ia mulai membangun tangga. Sayang sekarang ini pohon tersebut sudah hampir setengah mati. Batangnya sudah mati, dan daunnya sudah tidak tumbuh lagi.

5. Quaking Aspen: Pando (The Trembling Giant)

Pando [wiki] or the Trembling Giant di UTAH sebenarnya merupakan single colony. Secara genetik semua pohon ini sama yang artinya mereka merupakan Kloning dari yang satu. Pando, yang adalah bahasa Latin nya berarti “saya menjalar,” biasanya terdiri dari 47.000 helai tangkai menjalar dan sepanjang 107 acres di tanah.

a. Quaking Aspen


b. Aspen grove

4. Montezuma Cypress: The Tule Tree

El Árbol del Tule [wiki] (”The Tule Tree) adalah pohon cemara Montezuma yang teramat besar (Taxodium mucronatum) dekat kota Oaxaca, Meksiko. Pohon ini mempunyai unkuran lingkar yang paling besar yaitu 190 kaki (58 m) dan berdiameter 37 kaki (11,3 m).

Pohon Tule begitu kental/rada lengket, sampai ada yg bilang bahwa “anda bukan yang memeluk pohon ini, malahan anda yg dipeluk).

a. The Tule Tree Towers over a church next to it

b. Full width of the Tule Tree

c. Close-up of the tree’s gnarled trunk. Local legends say that you can make out animals like jaguars and elephants in the trunk, giving the tree the nickname of “the Tree of Life”


3. Banyan Tree: Sri Maha Bodhi Tree

Pohon Beringin dinamakan sesudah “banians” atau pedagang Hindu yang melakukan bisnis mereka di bawah pohon. Sekalipun anda belum pernah mengetahui pohon Beringin (adalah pohon yang dipakai oleh Robinson Crusoe


untuk dijadikan rumah pohon), kamu dapat dengan mudah mengenalinya.


Bentuk pohon raksasa ini mudah untuk dikenali: mempunyai rerimbunan penuh keagungan dengan akar yang tergurai ke tanah.

a. Banyan tree

b. Closer view of the Banyan aerial root structure



c. Banyan tree (or is it silk-cotton tree?) in the ruins of Ta Prohm, Ankor, Cambodia


2. Bristlecone Pine: Methuselah and Prometheus, Pohon Tertua di Dunia.

Pohon hidup yang paling tua di dunia adalah White Mountains di California,


bristlecone cemara (Pinus longaeva) yang dimakanan Methuselah. Pohon Methuselah, yang ditemukan di 11.000 kaki di atas permukaan laut, berumur 4.838 tahun - adalah bukan hanya pohon yang paling tua tetapi juga merupkaan satu-satunya oraganisme non-colonial yg paling tua di dunia.

a. Methuselah Grove


b. Bristlecone pine grove in which Prometheus grew

c. Stump(sejenis artefak) of the Prometheus Tree.


1. Baobab

Baobab (Adansonia) atau pohon roti kera bisa bertambah besar sampai hampir 100 kaki (30 m) tinggi dan 35 kaki (11 m) lebar. Ciri khas mereka: Batang bengkak mereka sebenernya tempat penyimpanan air – pohon tanaman baobab bisa menyimpan sampai 31.700 galon (120.000 l) air untuk bertahan di kondisi kering.

Pohon tanaman baobab asli dari Madagaskar (it’s country’s nasional tree!), Afrika daratan, dan Australia. Sekelompok yang paling “megah di antara semua” pohon tanaman baobab (Adansonia grandidieri) bisa ditemukan di Jalan Raya Baobab, dekat Morondava, di Madagaskar.

a. Teapot baobab

The baobab trees in Africa ajuga mengagumkan:

b. Baobab in Tanzania

c. Baobab near Bulawayo, Zimbabwe

Banayk kegunaannya juga loh nih pohon, bahkan bisa digunakan menjadi toilet karena byk mengandung air

d. A toilet built inside a baobab tree in the Kayila Lodge, Zambia

Eh selain itu bahkan bisa dijadikan penjara loh :

e. A “Prison Baob” tree in Western Australia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog