Minggu, 26 September 2010

KEREN Mahluk-mahluk mitology yang melegenda di dunia



Dragon

Dragon atau naga adalah hewan dengan ukuran yang sangat menakjubkan. Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api. Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik. Naga juga disebut-sebut sebagai dewa oleh beberapa suku.

Pegasus

Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar. Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah Medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Dijinakkan oleh Bellerophon dan melayaninya di gunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Di sinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

Yeti

Yeti yang disebut sebagai Manusia Salju Liar telah menjadi legenda di daerah Himalaya. Dari dulu sampai sekarang banyak cerita orang yang hilang di daerah pegunungan Himalaya, dipercaya mereka telah diculik oleh Yeti. Walaupun banyak yang telah melapor melihat yeti, tidak ada bukti yang menunjukan dia ada. Daerah tempat terlihatnya yeti sangat curam dan landai sehingga sulit diadakan investigasi.

Bigfoot

Bigfoot dilaporkan telah ditemukan di daerah Kanada dan Amerika Utara sejak abad 19-an. Dari jejak kakinya diperkirakan beratnya mencapai 400 kg. Bigfoot dikenal juga dengan nama Sasquatch, itu adalah nama hewan legenda yang beredar di Amerika Utara. Bigfoot kadang diciri-cirikan sangat besar, dengan bulu-bulu yang menutupi seluruh tubuh, dan orang percaya makhluk ini dapat ditemukan di seluruh dunia dengan nama-nama yang berbeda.

Dracula

Dracula adalah tokoh yang dipopulerkan oleh Bram Stoker. Dracula adalah vampir yang suka menggoda dan menghisap darah gadis muda yang menarik. Count Dracula lahir di abad ke 15-an di Rumania. Kastil Dracula terletak di Bucharest utara di pegunungan Carpathian.

Werewolf

Werewolf pada dasarnya adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk “berubah wujud” ke bentuk hewan, terutama ke bentuk serigala. Werewolf bisa berubah berdasarkan keinginan sendiri atau dorongan dari luar seperti halnya bulan purnama. Orang dapat menjadi Werewolf akibat gigitan dari Werewolf atau turunan dari lahir. Werewolf memiliki regenerasi yang sangat hebat, sehingga mereka tidak menjadi tua, tapi ini tidak membuat mereka abadi. Menusuk jantung atau otaknya dapat membunuh mereka.

Loch Ness

Loch Ness adalah legenda yang berasal dari scotlandia. Dilaporkan bahwa Loch Ness adalah hewan dari zaman dinosaurus yang berhasil bertahan dari ledakan meteor dan masih hidup hingga kini. Ditemukan di Scotland tahun 1930, Loch Ness diperkirakan memiliki panjang tubuh 45 kaki dengan kulit kasar dan warna coklat gelap. Beberapa orang percaya kalau Loch Ness adalah plesiosaurus, walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang memadai tentang keberadaan Loch Ness tersebut.

Unicorn

Unicorn adalah seekor kuda putih yang memiliki tanduk di kepalanya. Unicorn sangat maskulin tetapi juga sangat feminim. Unicorn juga menjadi simbol kesucian dan hubungan spiritual. Unicorn memiliki tubuh yang besar, lebih besar dari ukuran kuda biasa. Unicorn adalah satu-satunya makhluk legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan sebagai makhluk yang halus. Diceritakan sangat tidak mungkin untuk menangkap unicorn. Tanduknya dikatakan dapat menetralkan racun. Unicorn pertama kali diketahui ketika masa peradaban lembah Indus (3300-1700SM).

Phoenix

Phoenix adalah burung legenda yang mirip seekor elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang di angkasa. Phoenix disebut berasal dari matahari. Phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Airmata Phoenix dipercaya bisa menyembuhkan luka.

Cyclops

Cyclops adalah anggota dari ras manusia purba raksasa yang mempunyai satu mata di tengah-tengah dahinya. Cyclops digambarkan sebagai Homer dan Hesiod. Berdasarkan pada Hesiod, Cyclops yang bernama Brontes, Steropes, dan Arges adalah anak-anak dari Uranus (langit) dan Gaia (bumi), sedangkan berdasarkan pada Homer, kata Cyclops merujuk pada anak laki-laki Poseidon dan Thoosa yang bernama Polyphemus yang adalah Cyclops.

Mermaid

Mermaid (atau Merman untuk laki-laki) telah dibicarakan sejak 5000 SM. Bahkan Christopher Columbus mengatakan pernah melihatnya dalam perjalanannya. Dalam cerita dongeng Inggris, mereka dianggap sebagai peringatan akan kutukan atau bencana.

Giant

Giant atau raksasa digambarkan sebagai monster yang mempunyai kekuatan luar biasa dan ukuran lebih besar dari manusia. Mereka muncul di Alkitab (dalam cerita Raja David dan Goliath). Dalam mitologi, mereka seringkali digambarkan mempunyai konflik dengan dewa-dewa dan biasanya dihubung-hubungkan dengan kekacauan. Mereka muncul sama awalnya dengan kebudayaan Yunani kuno dimana mereka dikenal dengan nama gigantes, makhluk yang lahir dari Gaia yang dibuahi dengan darah Uranus ketika dia dikebiri.

Fairy

Peri adalah adalah istilah yang sering digunakan pada cerita rakyat, dongeng, fiksi untuk menggambarkan mahluk yang memiliki kekuatan gaib yang kadang kala turut campur dalam urusan-urusan manusia. Di Indonesia istilah peri sering digunakan dalam penerjemahan tokoh yang menggambarkan elf atau fairy (istilah dalam bahasa Inggris) dalam cerita fiksi maupun dongeng-dongeng dari Eropa. Pada kisah fiksi modern karakter Peri sering dipinjam dari versi aslinya dan digunakan dalam kisah fiksi fantasi masa kini dengan berbagai variasi penggambaran tergantung oleh penulis atau penciptanya.

Elf

Elf adalah makhluk yang lahir dari mitologi Jerman. Elf biasanya berwujud manusia yang sangat kecil dan biasanya mempunyai tugas sebagai dewa kesuburan. Biasanya dalam penggambarannya, Elf adalah seorang pria muda atau wanita muda yang sangat cantik yang tinggal di hutan dan bawah tanah. Mereka digambarkan dengan keistimewaan yaitu hidup abadi dan kekuatan sihir.

Ogre

Ogre biasanya digambarkan sebagai raksasa, jahat dan seperti monster. Kita biasanya menemui cerita tentang Ogre di dongeng dan cerita rakyat. Jika dalam dunia seni, Ogre digambarkan dengan kepala yang besar, berambut dan berjenggot panjang, rakus, dan mempunyai badan yang kuat. Dan dalam ceritanya juga mereka sering mengganggu manusia.

Frankenstein

Sosok monster ini dihidupkan oleh Dr. Victor Frankenstein. Seorang mahasiswa kedokteran yang melakukan eksperimen terlarang untuk membuktikan bahwa manusia bisa diciptakan dengan teknologi dan pemahaman mendalam akan ilmu kedokteran. Semua berawal dari keingintahuan, rasa penasaran, dan antusiasme masa muda akan ilmu pengetahuan. Terkejut melihat eksperimen profesornya, ia pun tergerak untuk menyempurnakannya. Dr. Victor Frankenstein pun terobsesi pada upaya untuk menciptakan sosok manusia sempurna. Ia pun menggunakan organ otak profesornya (yang baru saja meninggal), mengumpulkan potongan tubuh dari sejumlah jenazah yang masih baru, menjahit potongan-potongan itu dalam satu tubuh, dan menciptakan sesosok makhluk yang diyakininya akan menjadi manusia sempurna hasil rekayasa eksperimennya.

Medusa

Medusa memulai hidup sebagai anak perempuan yang sangat menyenangkan sehingga membuat Athena cemburu. Kecantikan Medusa menarik perhatian Poseidon. Dia merayu Medusa, tetapi sayangnya dia melakukannya di kuil Athena. Hal ini membuat Athena sangat marah. Ia lalu merubah Medusa menjadi Gorgon. Karena Medusa sebenarnya adalah manusia, maka ia tidak abadi. Dirasa hukuman belum cukup, Athena membantu Perseus untuk memburu dan membunuh Medusa.Ketika Perseus memotong kepalanya, Pegasus dan Chrysaor anak Medusa dengan Poseidon terkuak. Darah Medusa jatuh di padang pasir Lybian dan berubah menjadi ular. Nantinya salah satu dari ular tersebut membunuh Mopsus.

Samael

Samael adalah salah seorang dari 7 archangel dalam mitologi yang tersebar di daerah Palestina kuno. Samael diceritakan sebagai malaikat yang baik sekaligus jahat. Nama Samael berarti “Poison of God”. Terkadang Samael juga mendapat sebutan sebagai Angel of Death. Samael merupakan penguasa dari surga tingkat ke 5 dan mengepalai 2 juta malaikat lainnya. Samael tinggal di surga tingkat ke 7. Samael disebutkan sebagai figur yang berkelahi dengan Yakub, selain itu juga sebagai figur yang menahan tangan Abraham waktu akan mengorbankan anaknya. Pada mitologi di daerah Palestina kuno, sebelum Eve (Hawa), Adam memiliki istri lain yaitu Lilith. Karena perseteruannya dengan Adam, Lilith dibuang dari Taman Eden. Kemudian Lilith menjadi menjadi istri Samael dan melahirkan para pasukan setan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Samael adalah nama asli Lucifer sebelum dia jatuh ke bumi. Ular yang muncul di Taman Eden juga merupakan penjelmaan Samael, karena itu selain digambarkan sebagai malaikat, dia juga seringkali digambarkan sebagai ular bersayap.

Zombie

Zombie adalah sebutan untuk mayat hidup dalam sistem kepercayaan Voodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri lewat cara supranatural atau perdukunan, dan dipekerjakan sebagai budak yang mengabdi pada "majikan zombie" di perkebunan terpencil. Versi zombie yang lebih menakutkan dan suka memakan manusia sering diangkat menjadi cerita fiksi horor.

Goblin

Dalam cerita rakyat Eropa, Goblin merupakan bangsa peri atau makhluk supernatural. Ukuran tubuh mereka kecil dan kadangkala tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka dilukiskan sebagai makhluk mungil berwarna hijau dan bertelinga runcing.

Orc

Orc adalah makhluk legendaris yang muncul dalam cerita-cerita rakyat dan kisah-kisah fiksi fantasi sebagai makhluk buas dengan postur tubuh menyerupai manusia, kadang-kadang seperti raksasa, kulitnya biasanya berwarna hijau, wajahnya mirip babi, kera atau monster dengan taring panjang, sifatnya garang dan buas. Kata “orc” atau “ork” dihubungkan dengan setan, iblis, ogre, ras yang jahat, atau monster. Orc diidentikkan sebagai ras yang ganas dan jahat. Orc merupakan musuh dari para Elf dan manusia. Mereka senang makan daging dan kadang-kadang mereka menjadi bangsa kanibal.

Gnome

Gnome adalah makhluk dari Mitologi Eropa yang memiliki tubuh yang sangat kecil. Gnome adalah peri tanah dalam Mitologi Eropa. Gnome tinggal di hutan hutan dan hidup terisolasi dari mahkluk mahkluk lainnya.

Beelzebub

Beelzebub adalah nama dari salah satu dari tujuh raja neraka, yang merupakan dewa yang disembah di Filistin kota Ekron.

Satyr

Satyr aslinya terlihat sebagai teman kambing-kambing dewa di masyarakat kuno Yunani. Gambaran pertama satyrs adalah laki-laki normal, walaupun sering terlihat dengan kemaluan yang sedang ereksi. Lalu digabungkan dengan mitologi Roma dimana mulai digambarkan sebagai setengah manusia dan setengah kambing. Satyr digambarkan sebagai makhluk yang nakal, merusak dan berbahaya, pemalu dan pengecut. Pada masa lampau sering mereka digambarkan mempunyai tanduk di kepala, dan yang muda terlihat mempunyai banyak masalah.

Faun

Faun, sangat mirip dengan Satyr, kecuali sifatnya yang lebih kekanak-kanakan dan hidup di pinggiran kota Romawi, mereka memiliki kaki dari kambing, dengan tubuh atas manusia, dan telinga yang runcing. Dalam mitologi Romawi, Faun hidup di hutan pedalaman yang tidak terjangkau manusia, Faun Romawi dekat dengan Satyr dari Yunani, mereka mahluk yang liar. Seperti Satyr, Faun memiliki tanduk, namun yang membedakannya dengan Satyr ialah, Satyr memiliki telapak kaki manusia, sedangkan Faun adalah milik kambing. Mereka juga suka berdansa dan meminum anggur, dengan para Nymph yang bernyanyi, Faun sangat dekat dengan alam, terutama Hutan.

Dwarf

Dwarf adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman. Dalam mitologi, penggambaran diri kurcaci adalah rupanya yang seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya.

Lucifer

Lucifer adalah nama yang seringkali diberikan kepada Setan dalam keyakinan Kristen karena penafsiran tertentu atas sebuah ayat dalam Kitab Yesaya. Secara lebih khusus, diyakini bahwa inilah nama Setan sebelum ia diusir dari surga.

Buraq

Buraq adalah mahluk mitologi yang berasal dari arab. buraq dipercaya membawa nabi Muhammad SAW hijrah dari masjidil haram (Mekah) ke masjidil aqsa (yarusalem) kemudian terbang ke langit ke 7 untuk menerima wahyu kitab suci Al-Qur'an hanya dalam semalam. peristiwa ini dinamakan Isra dan Mi'raj. Buraq merupakan seekor binatang yang rupanya seperti kuda. Saiznya kecil sedikit daripada kuda tapi lebih besar dari keldai. Lariannya sepantas kilat. Selangkah lompatannya, sejauh mata memandang jaraknya. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika ia mendaki manakala akan memanjangkan kaki depannya pula apabila ia menurun. Menggerak-gerakkan telinga dan kakinya adalah kebiasaan buraq. Di samping rupanya yang cantik, terdapat sayap pada kedua-dua pehanya. Sayap ini adalah untuk membantu kecepatan lompatannya.

Gargoyle

Gargoyle adalah ukiran patung monster yang biasanya berada di luar bangunan batu. Mereka digunakan untuk dua keperluan, satu untuk menakuti dan mengusir hal-hal jahat disekitar bangunan mereka dan yang kedua sebagai penyalur air dari atap gedung ke jalan, Gargoyle yang tidak digunakan untuk mengalirkan air disebut Grotesque. Gargoyle berasal dari perancis, istilah Gargoyle lebih banyak digunakan dalam pekerjaan abad pertengahan, namun seiring berjalannya waktu, beberapa menganggapnya hanya sekedar penyalur air yang menarik. Di Mesir, Gargoyle digunakan untuk pembuangan air dari tempat membersihkan bejana suci yang berada di kuil.

Baphomet

Baphomet adalah satu dari puja-pujaan kaum Qabalis yang mewakili Setan. Makhluk ini berkepala kambing bertanduk atau dikenal dengan kambing “Mendes”, lambang kuno untuk setan. Penampilannya melambangkan kekuatan-kekuatan hitam disatukan dengan kemampuan beranak-pinak seperti halnya kambing. Di dahi, di antara dua tanduk di bawah suluh, adalah lambang pentagram. Bagian bawah badannya diselubungi kain hitam melambangkan kerahasiaan. Baphomet digambarkan sebagai makhluk hermaphrodit dengan mempunyai buah dada lambang kewanitaan dan phallus lambang kelaki-lakian. Dua ular melingkar di phallus yang berdiri. Ular juga merupakan simbol dari Setan.

Leviathan

Mosnter laut besar berbentuk seperti naga. Biasanya muncul bersamaan dengan badai laut. Mahkluk yang benar-benar ditakuti orang-orang pelaut zaman dulu

Mothman

Mothman adalah salah satu urban legend yang cukup terkenal di daerah Virginia. Mothman digambarkan adalah mahluk bersayap dan setinggi manusia, bermata merah, kadang muncul tanpa kepala. Pertama kali ditemukan di daerah perkuburan di Virginia tahun 1926. Hingga hari ini, polisi masih menerima laporan mengenai kemunculan Mothman. Siapa dia? Tidak seorang pun yang tahu. Secara umum, tidak pernah ada laporan ada orang yang diserang Mothman.

Ogopogo

Monster laut yang serupa dengan Nessie di danau Loch Ness. Bedanya Ogopogo ditemukan di danau Okanagan, Kanada. Masyarakat mengenal Monster ini dengan sebutan Ogopogo. Legenda makhluk misterius danau Okanagan ini sudah terdengar kisahnya sejak tahun 1850, dimana pada awal tahun itu untuk pertamakalinya Ogopogo menampakkan dirinya kepada para wisatawan dan penduduk setempat. Para saksi mata yang melihatnya menuturkan bahwa suatu makhluk dengan perawakan yang besar, berwarna gelap dan memiliki bentuk tubuh yang panjang telah muncul kepermukaan air dan berenang menyusuri tengah danau.

Argus Panoptes

Merupakan sosok laki-laki yang mempunyai mata banyak. Pada awalnya dikatakan ia mempunyai 4 mata, tapi kemudian dikatakan mempunyai ratusan mata. Ia banyak diceritakan dan muncul dalam banyak cerita petualangan. Dia membunuh banteng yang mempora-porandakan Arcadia. Dia membunuh Satyr karena mencuri sapi. Dia membunuh Echidna. Dia membalas dendam kematian Apis. Argus dibunuh oleh Hermes, ketika ia menjaga Io untuk Hera.

Tengu

Tengu adalah makhluk dalam legenda Jepang. Salah satu Kami penunggu gunung yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian pendeta yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung. Tengu memiliki hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang.

Harpies

Harpy, dalam mitologi Yunani diceritakan bahwa harpy adalah hewan bersayap yang memiliki tubuh seperti burung elang dan memiliki kepala wanita. Konon Harpy suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk dan meracuni makanan di desa-desa yang dilewatinya.

Griffin

Griffin adalah hewan legenda yang memiliki sayap seekor elang dan kaki seekor singa. Disebut sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk dewa Apollo, dan griffin juga merupakan hewan penjaga matahari. Makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM).

Scylla

Scylla menurut legenda Yunani adalah seekor makhluk yang memiliki 6 kepala dan 12 kaki. Scylla dipercaya bahwa tadinya dia adalah seorang penyihir air yang kemudian dirubah menjadi monster oleh Circe. Setelah diubah menjadi monster, dia menghabiskan hidupnya untuk membalas dendam kepada pelaut yang lewat di laut.

Troll

Troll berasal dari legenda scandinavia yang menyebutkan bahwa troll adalah roh yang hidup dalam goa di dalam pegunungan. Saat malam tiba, mereka akan keluar untuk menculik wanita dan anak-anak. Ada dua macam troll, Giant yang berukuran raksasa dan dwarf yang berukuran kecil.

Cerberus

Berdasarkan mitos Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades. Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna. Dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.

Naga/Nagini

umumnya orang indonesia mengenal yang disebut Naga adalah Dragon. Namun Naga sendiri sebenarnya adalah mahluk mitologis yang berbeda dengan Dragon. Naga muncul pada kebudayaan Hindu dan Budha, kemungkinan berasal dari daerah India dan sekitarnya. Naga adalah mahluk setengah ular, setengah manusia, terkadang digambarkan sebagai ular raksasa. Yang laki-laki disebut Naga, sedangkan versi perempuannya disebut Nagini. Naga sering dianggap sebagai entitas yang bersifat jahat, namun tidak jarang juga dianggap sebagai penjaga sungai atau danau.

Ghoul

Ghoul adalah monster dari Arab kuno, konon monster ini juga tertulis di dalam Quran. Pada awalnya Ghoul dianggap sebagai Jin, namun seiring dengan berlalunya waktu, Ghoul lebih sering digambarkan sebagai sejenis zombie atau vampir. Ghoul adalah mahluk yang tinggal di padang gurun dan memangsa pengelana, selain itu Ghoul juga sering merusak makam dan memangsa mayat.

Kirin

Kirin atau Qilin adalah mahluh setengah naga setengah kuda, pada awalnya berasal dari mitologi China namun tersebar ke seluruh asia timur. Hewan nyata yang dianggap ‘mendekati’ kirin adalah jerapah, konon jerapah pernah dianggap sebagai Kirin. Dalam mitologi China, kirin adalah hewan suci yang memiliki sifat baik, namun kirin bisa menjadi hewan yang buas dan mengerikan saat terancam. Konon kirin hanya muncul di tempat-tempat yang dikuasai oleh penguasa yang baik dan bijaksana.

Kraken

Kraken adalah raksasa bawah laut yang sering digambarkan sebagai cumi-cumi atau gurita raksasa yang suka menyerang kapal.

Echidna

Echidna adalah mahluk dari mitologi yunani, sering digambarkan sebagai perempuan setengah ular yang tinggal di dalam gua. Bersama suaminya Typhon, Echidna melahirkan berbagai jenis mahluk mengerikan yang muncul dalam mitologi yunani, karena itu Echidna mendapat sebutan Mother of all Monsters. Echidna dan Typhon pernah berperang melawan dewa-dewa olympus, namun kalah. Typhon kemudian ditahan di bawah gunung Etna. Sementara Echidna dan anak-anaknya dibiarkan lepas untuk menjadi tantangan bagi para pahlawan yunani berikutnya. Namun pada akhirnya Echidnya dibunuh oleh Argus Panoptes, titan bermata seratus. Tragisnya, hampir semua anak-anak echidna terbunuh oleh para pahlawan yunani.

Minotaur
Pada mitologi Yunani, Minotaur mempunyai badan bagian atas banteng dan badan bagian bawah manusia. Dikatakan Minotaur hidup ditengah-tengah labirin dengan jalanan besar yang rumit seperti konstruksi bangunan Raja Minos dari Crete. Didesain oleh Daedalus dan diketahui berada di situs Knossos. Minotaur terlihat singkat pada adegan Satyricon oleh Petronius. Dan dibunuh oleh Theseus.

Gorgon
Gorgon adalah wanita jahat dengan gigi taring dan ular hidup sebagai pengganti rambutnya. Konon jika orang melihat muka Gorgon maka akan berubah menjadi batu. Kemungkinan Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa yang merupakan satu-satunya wanita yang paling besar di antara 3 bersaudara (yang lain adalah Stheno dan Euryale). Karena Medusa besar sekali, Perseus hanya bisa membunuhnya dengan memotong kepalanya selagi ia melihat bayangannya sendiri di perisai Perseus. Gambaran Gorgon digunakan Yunani untuk menggambarkan kejahatan.

Banshee

Banshee berasal dari mitologi Irlandia dan biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno, dimana mereka adalah bawahan Tuhan. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri. Berdasarkan legenda, banshee akan berkeluyuran di luar rumah sambil meraung-raung jika seseorang di dalam rumah itu akan meninggal.

Chimera

Dibiakkan oleh Typhoeus dan Echidna, Chimera mempunyai 3 kepala, yaitu singa, kambing dan ular. Badannya juga merupakan campuran dengan badan bagian depan singa, tengah kambing, dan ular untuk ekornya. Dia mengeluarkan napas api. Dia memporak-porandakan Lycia, membunuh sapi dan membakarnya sampai akhirnya ia dibunuh oleh Bellerophon.

Hecantoncheires

Hecantoncheires berarti “seratus tangan”. Mereka besar sekali, mempunyai 50 kepala dan seratus tangan yang mempunyai kekuatan hebat. Ada 3 makhluk ini yaitu : Briareus yang juga dipanggil Aegaeon, Cottus, dan Gyges yang juga dipanggil Gyes. Mereka lahir dari Gaia dan Uranus. Karena hubungan mereka yang buruk dengan Uranus, maka mereka dipaksa Uranus untuk kembali lagi ke dalam rahim Gaia. Hal ini menyebabkan pemberontakan Gaia terhadap Uranus. Ketika Cronus mempunyai kekuatan, ia memenjarakan mereka di Tartarus. Mereka dibebaskan oleh Zeus dan bertarung bersama Zeus melawan Titans. Mereka bisa melemparkan batu-batu yang sangat besar 100 kali lebih banyak daripada lawannya. Salah satu dari mereka Briareus menjadi penjaga Zeus.

Sirens

Siren adalah wanita bersaudara yang memikat nelayan sampai mati. Lagu dari Siren sangat menarik dan tidak dapat ditolak, tetapi mereka ternyata menuju ke karang-karang yang akhirnya menghancurkan kapal mereka ketika mereka mencoba menggapai Siren.

Chrysaor

Chrysaor merupakan saudara dari Pegasus. Sedikit yang dapat diketahui dari Chrysaor tetapi kemudian ia dikenal sebagai prajurit yang berhati kuat dan gagah berani. Namanya berarti pedang emas. Dia berayahkan Geryon. Penampilannya tidak diketahui, tetapi berdasarkan cerita, ia tidak terlihat seperti pada umumnya. Dia kemungkinan sebesar raksasa.

Hydra

Hidra merupakan mitos dari Yunani kuno. Monster ini berbentuk ular atau naga yang memiliki sembilan buah kepala. Setiap salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh dan membentuk dua buah kepala yang baru. Dikisahkan bahwa Heracles pernah mengalahkan Hydra. Heracles membakar 8 dari 9 kepala itu, sebelum menguburkan kepala yang terakhir (yang abadi) di bawah batu.

Dryad

Dryad adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani, Dryad merupakan makhluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita. Dalam bahasa Yunani istilah serupa, drys, berarti pohon oak. Dari kata ini timbul pengertian mengenai Dryad yakni kaum Nymph yang hidup dalam tumbuh-tumbuhan. Istilah tersebut sering dipakai untuk menyebut kaum Nymph yang tinggal dalam pepohonan secara umum. Karakter Dryad dari mitologi Yunani muncul dalam kisah fantasi The Chronicles of Narnia sebagai spirit berwujud wanita yang berasal dari pepohonan.

Kentaur

Dalam mitologi Yunani, Kentaur adalah bangsa makhluk legendaris, makhluk setengah manusia setengah binatang yang dilukiskan berwujud manusia dari kepala sampai pinggang namun bagian tubuh ke bawah berwujud kuda. Kentaur muncul secara individual atau berkelompok dalam kisah-kisah Yunani kuno, seperti pada kisah penculikan Deianira oleh Nessus dan kisah perkawinan Pirithous. Kentaur individual yang terkenal adalah Nessus, Khiron, Folus, Eurition. Semuanya muncul dalam kisah-kisah Heracles.

Undine

Undine adalah peri air dalam Mitologi Eropa, Biasanya ditemukan di danau, atau sungai yang masih jernih. Memiliki suara yang indah yang sering terdengar bersamaan dengan suara air. Menurut cerita, Undine tak bisa memiliki jiwa sebelum menikari seorang pria manusia, karena aspek inilah Undine sering dijadikan tema untuk karya tragedi dan romance.

Wyvern

Wyvern adalah seekor reptil bersayap yang mempunyai 2 kaki dan sayap yang berduri yang diwujudnya sebagai mahluk dari neraka.

Sleipnir

Sleipnir digambarkan sebagai kuda berkaki delapan. Sleipnir berwarna abu-abu, dan merupakan anak dari Loki, yang kawin dengan kuda Svaðilfari.

Djinn

Djinn berasal dari Mitologi Persia dan memiliki variasi nama seperti Djinn, Genie, dan Jinne. Djinn terbentuk dari api muncul dari asap kepada orang yang memanggil mereka. Djinn memiliki kekuatan untuk mengubah bentuk menjadi apapun dan mengabulkan permintaan. Bila tidak dikontrol, Djinn akan membunuh pemanggil mereka guna mendapatkan kebebasan.

Kelpie

Kelpie adalah roh air yang kejam yang berasal dari pantai skotlandia. Sering terlihat berbentuk kuda. Tetapi juga kadang muncul berbentuk seperti kakek kakek ataupun pria tampan. Biasanya muncul dalam bentuk kuda hitam dengan bulu seperti sutra dan mata yang bersinar. kelpie juga muncul dalam bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki lalu menculik dan memakan mereka.

Dullahan

Dullahan adalah jenis roh jahat. Biasanya terlihat mengendarai kuda hitam akal dan membawa kepalanya di bawah satu lengan. Mata yang besar sementara mulutnya terus tersenyum sampai menyentuh kedua sisi kepala. Kepalanya dikatakan memiliki warna seperti keju yang berjamur. Cambuk Dullahan berasal dari tulang punggung mayat. Dullahan berhenti di tempat seseorang yang akan mati. Saat orang yang sekarat itu dipanggil namanya, saat itu juga orang itu mati.

Grendel

Monster ini berasal dari utara eropa, setengah Ogre dan setengah Troll, ia hidup di rawa-rawa eropa utara dengan ibunya sampai akhirnya ia dibunuh oleh Beowulf. Grendel salah satu bentuk antagonis selain ibunya dan sang Naga, karena dalam puisi kepahlawanan Anglo-Saxon, Grendel sangat ditakuti oleh semua orang, kecuali oleh Beowulf. Grendel digambarkan sebagai raksasa yang buruk rupa, kasar dan bengis, ia senang merusak pesta manusia.

Ifrit

Ifrit, (Arab: ?Ifrit: ?????, jamak ?Afarit: ??????), adalah sejenis jin yang disebut dalam al-Quran. Dalam cerita non-muslim, ifrit digambarkan mahluk api yang bersayap wanita atau pun laki-laki yang tinggal di reruntuhan bawah tanah.

Selkie

Selkies adalah makhluk-makhluk mitologi yang ditemukan di Faro, Icelandic, Irlandia dan Skotlandia. Mereka dapat berganti kulit mereka dari anjing laut menjadi manusia. Legenda itu berasal di Orkney dan Shetland Islands.

Tiamat

Tiamat adalah monster/dewi dalam mitologi Babilonia dan Sumeria, dan tokoh utama dalam kisah penciptaan Enûma Elish. akan tetapi tiamat digambarkan sebagai naga berkepala 5 dalam beberapa game.

Typhon

Typhos adalah anak terakhir dari Gaia, Dewi bumi. Typhon mempunyai ekor ular, seratus kepala yang mirip ular dengan mata berkelap-kelip, lidah yang hitam legam. Tiap-tiap kepala Typhon pun mengeluarkan suara-suara yang mengerikan ditambah rambut lebat yang memenuhi kepala dan di sekujur tubuhnya ditumbuhi bulu-bulu yang menjijikan dan seolah-olah belum cukup mengerikan monster ini setinggi gunung! oleh karena itulah dewa-dewa sudah lari ketakutan ketika melihat Typhon, dan typhon adalah pelawan Zeus pada masa itu. Kebenciannya terhadap Zeus dimulai karena ibunya, Gaia yang menceritakan pada typhon bagaimana Zeus melawan anak-anaknya yang lain. akhirnya typhon melawan tetapi akhirnya dia kalah dan dikurung Zeus di suatu pulau dan gunung berapi yang masih aktif hingga masa kini.

Jormungand

Ular raksasa yang merupakan anak tengah dari pasangan Loki dan Angrboda sekaligus saudara Fenrir dan Hel. Dalam mitologi disebutkan kalau Odin membuang 3 anak Loki, dan Jormungand dibuang ke laut Midgard atau dunia manusia. Dari situlah dia mendapat julukan Midgardsormr yang berarti ular raksasa yang melilit Midgard. Merupakan musuh utama Thor, dan diceritakan di Ragnarok mereka akan saling bunuh. Saat Ragnarok terjadi, Jormungand keluar dari laut dan mengakibatkan banjir besar.

Nemean Lion

Monster buas dari mitologi Yunani yang tinggal di Nemea. Merupakan keturunan dari Typhon dan Echidna, tetapi sumber lain mengatakan bahwa singa ini turun dari bulan dan merupakan anak dari Zeus dan Selene atau juga keturunan dari Chimera. Memiliki kulit yang sangat keras dan tak ada senjata yang dapat menembusnya. Hercules membunuh mahluk ini dengan cara mencekiknya, lalu ia mengulitinya menggunakan cakarnya sendiri. Sejak saat itu kulit Nemean Lion identik dengan Hercules.

The Havmand

Havmand adalah duyung pria dalam cerita skotlandia. Bagian atas adalah pemuda tampan berambut panjang berwarna hitam atau hijau sedangkan bagian bawahnya ikan. Namanya berarti Man of The Spring. Juga ada mahkluk lain bernama Havfrue yang berambut pirang dan merupakan saudara dari Havmand. Tergantung situasi, Havmand dapat bersikap kejam ataupun ramah. Memiliki kekuatan untuk meprediksikan kejadian-kejadian penting.

Sylph

Sylph adalah peri angin dalam Mitologi Eropa. Muncul dalam bentuk pria atau wanita yang bersayap dan berukuran sangat kecil. Sylph dikatakan melambangkan keharmonisan dan keseimbangan. Sylph sangat suka bermain-main di alam dengan serangga dan tidur di atas bunga.

Mares of Diomedes

Dikenal juga dengan nama Mares of Thrace, merupakan 4 kuda pemakan manusia. Menakjubkan, liar dan tak terkendali mereka dimiliki oleh raksasa Diomedes, selain itu mereka juga disebutkan memiliki nafas api. Bucephalus, kuda dari Alexander Agung disebut sebagai keturunan dari kuda-kuda ini.

Aulanerk

Peri laut dari Mitologi Inuit di Amerika Utara. Aulanerk adalah peri baik hati yang senang membantu para pelaut dengan memberikan air yang tenang dan angin yang kencang untuk berlayar. Berbentuk seperti manusia. Ombak dikatakan tercipta dari tindakan mereka yang suka berenang dan bermain di bawah laut.

Ajatar

Monster naga ini berasal dari legenda Finnish di Swedia. Monster ini adalah penjelmaan dari iblis. la adalah pemakan ular sehingga menyebabkan berkembangnya wabah sampar di Eropa. Banyak yang beranggapan dia berhubungan erat dengan Aitvaras dan Lithuania.

Nidhog

Nidhog atau Niohoggr dalam mitologi Nordik adalah naga besar yang mempunyai cengkraman mematikan dan memakan tubuh manusia.

El Chupacabra

Istilah Chupacabra pertama kali digunakan oleh seorang komedian Puerto Rico bernama Silverio Perez. Ia merujuk kepada kata bahasa Spanyol Chupar yang berarti menghisap dan cabra yang berarti kambing. Sebutan itu datang karena ternak yang terbunuh dan dihisap darahnya kebanyakan adalah kambing. Pada Juli 2004, seorang peternak di San Antonio, Texas melaporkan adanya makhluk menyerupai anjing yang menyerang ternaknya. Ia menyebut pembunuh tersebut “Makhluk Elmendorf”. Namun Analisa DNA yang dilakukan Universitas California menyimpulkan bahwa hewan tersebut adalah seekor Coyote (anjing liar) dengan penyakit Kurap yang parah. Di Coleman, Texas, seorang peternak bernama Reggie Lagow melihat seekor hewan menyerang ternaknya, dan ia mengatakan bahwa hewan tersebut menyerupai campuran antara anjing yang tidak berbulu, tikus dan kanguru.

Garuda

Mitologi garuda berasal dari kebudayaan Hindu. Garuda digambarkan sebagai manusia burung dengan bulu keemasan, dan memiliki mahkota di kepalanya. Konon ukuran tubuh garuda sangatlah besar sehingga mampu menutupi matahari. Garuda juga sering digambarkan sebagai kendaraan Vishnu. Menurut Mahabarata, konon saat Garuda lahir dari telurnya, bumi gonjang-ganjing sehingga para dewa memohon padanya untuk tenang. Garuda adalah anak Kasyapa dan Vinata. Vinata memiliki hutang terhadap Kadru, ibu para ular karena suatu pertaruhan. Untuk menghapus hutang tersebut, Garuda diminta Kadru untuk memberikan obat keabadian yang disebut Amrita.

Jenglot

Beberapa tahun lalu, sekitar akhir tahun 1997, tiba-tiba saja ada “makhluk” misterius yang jadi pembicaraan. Perawakannya kecil dengan tubuh tak lebih dari 12 cm dan rambutnya yang panjang, jarang dan kaku melewati kaki. Makhluk itu dinamakan jenglot. Kabarnya, jenglot itu bukan benda mati. Konon ia hidup, namun tak ada yang pernah tahu kapan bergerak. Konon, makhluk misterius itu selalu menghabiskan darah manusia yang dicampur minyak japaron. Namun sekali lagi, tak ada yang tahu kapan ia menenggaknya. Jenglot pada masa ribuan tahun lalu adalah manusia (seorang pertapa) yang tengah mempelajari ilmu Bethara Karang. Ilmu Bethara Karang diyakini sebagai ilmu keabadian. Artinya, setiap orang yang memiliki ilmu tersebut akan hidup abadi di dunia. Namun, akibat kutukan, jasad jenglot tidak diterima di dunia sedangkan rohnya tidak diterima di akherat. Maka roh tersebut seperti terpenjara dalam jasad kecil ini. Setelah itu, sang pertapa menjadi emosional dan merasa sebagai jawara. Tak pelak, tubuhnya pun menyusut, hingga akhirnya mengecil. Empat taring kemudian tumbuh memanjang, tak sebanding dengan lebar mulutnya. Katanya, itu sebagai lambang keganasan dan sifat liar sang “monster”.

Leak Bali

Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. “Le” artinya penyihir dan “ak” artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup. Diceritakan juga bahwa Leak dapat berupa kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut. Leak dikatakan dapat terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah si bayi yang masih di kandungan. Ada tiga leak yang terkenal. Dua di antaranya perempuan dan satu laki-laki. Menurut kepercayaan orang Bali, Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah embrio agar dapat hidup. Dikatakan juga bahwa Leak dapat mengubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam. Beberapa orang mengatakan bahwa sihir Leak hanya berfungsi di pulau Bali, sehingga Leak hanya ditemukan di Bali.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



1 komentar:

Ligar mengatakan...

mantap

Arsip Blog Klik disamping Kiri bulan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...