Kampanye melalui iklan mungkin bisa
lebih cepat apabila iklan tersebut membawa banyak pesan di dalamnya.
Kampanye tentang penyelamatan hutan sebagai kelangsungan hidup manusia
mungkin bisa lebih mengena dengan gambar penuh dengan sindiran
dibandingkan berjuta-juta kalimat yang berusaha diucapkan oleh para duta
penyelamatan hutan, berikut adalah 5 iklan kampanye penyelamatan hutan
yang dirangkum redaksi uniknya,com:
1 Hutan yang digantikan dengan lapangan golf
Untuk kesenangan beberapa orang, ribuan
pohon terpaksa dipangkas dan dijadikan lapangan golf. Hal ini bisa
terjadi hampir di setiap benua. Melalui iklannya, WWF dan Ogilvy &
Mather Turki mencoba menghentikan hal tersebut terjadi di bagian selatan
Turki.
Digambarkan seorang dengan menggunakan
kostum golf melakukan gaya swing pertama dengan menggunakan kapak dan
bukan tongkat golf. Dengan tagline yang menjadi tekanan gambar tersebut :
The Par : 200.000 trees. Untuk mencapai lubang dalam 1
permainan, pemain golf tersebut sama dengan menumbangkan 200.000 pohon.
Lalu iklan lainnya adalah, sebuah spons untuk mencuci yang digambarkan
seperti rumput padang golf, dengan tagline : A single golf course sucks away 15.000 m3 of water,
untuk 1 kotak rumpat padang golf mampu menyerap air sebanyak 15.000
kubik. Penggambarannya sangat cocok, dimana kita ketahui spons bisa
menyerap banyak air.
2 Pesan singkat dan sederhana dari selembar kertas bekas
Beberapa pesan untuk mengurangi
pemakaian kertas banyak dikampanyekan belakangan ini, bahkan piranti
canggih pun menjadikan hal ini sebagai keunggulannya. Produksi kertas
memang menjadi salah satu penyebab penebangan hutan. Kampanye
pengurangan kertas pun digiatkan termasuk melalui iklan cetak dari JWT
Manila.
Dengan tagline Recycle Paper, Save Trees,
mereka mempresentasikannya dengan selembar kertas loose leaf yang sudah
tersobek pada bolongan-bolongannya (sebagai representasi kertas bekas)
dengan alas berwarna hijau. Jika diamati lebih dekat bolongan-bolongan
pada kertas tersebut, dengan robekan kecil, menyerupai deretan pohon
yang berdiri tegak. Sebuah ide iklan yang bisa hidup dari hal sederhana
dengan pesan yang singkat.
3 Save Our Trees
Agensi iklan McCan
Erickson Singapore kali ini membuat iklan Badan Lingkungan Singapore
dengan silsilah keluarga yang diumpamakan sebagi pohon. Digambarkan
sebuah silsilah keluarga 4 tingkat dengan penekanan sosok
penebang pohon di pertengahan tingakt 1 dan 2. Secara pengandaian yang
cerdas, pesan yang ingin disampaikan sangatlah dalam, jika ingin membuat
penerus kita bisa melangsungkan hidupnya, maka pengrusakan lingkungan
baiknya menghindari. Penebangan hutan disejajarkan dengan penebangan
silsilah keluarga.
4 Apa yang kau lalukan akan berbalik padamu
Diyakini oleh beberapa
orang, hidup ini seperti siklus waktu, semua yang pernah kita tanam
akan kita dapatkan di kemudian kelak. Hal ini pula yang menjadi pesan
dari iklan yang dibuat oleh Grey group Singapore. Digambarkan seorang
penebang pohon yang kemudian akan terkena runtuhan dari pohon yang yang
ia tebang,mengikuti siklus dalam hal ini ditunjukkan dalam bentuk
lingkaran pohon.
5 Menggunakan furniture bekas untuk menyelamatkan hutan
Dengan tagline Buy Second Furnitures,
Save The Trees, DDB Turki membuat pemandangan hutan dari atas dengan
bagian spot kosong bekas penebangan pohon yang yang menyerupai
furniture, yaitu tempat tidur dan sebuah kursi. Berbeda dengan yang
lainnya, iklan ini bukanlah iklan kampanye sebuah organisasi yang
bergerak dalam bidang lingkungan hidup, melainkan iklan komersil sebuah
toko furniture bekas bernama dank.