Rabu, 14 Oktober 2015

Inilah Tradisi Salam Unik dari Berbagai Negara



Di Indonesia, cara salamnya biasa hanya berjabat tangan. Kalau dengan saudara atau teman dekat mungkin salam sambil pelukan. Itu sudah biasa dikalangan kita kan? Seperti di Jepang yang salamnya dengan cara membungkuk, itu juga sudah biasa.
Cara salam seperti itu adalah cara menghormati orang lain. Tapi, tak semua negara di dunia ini menggunakan cara salam dengan berjabat tangan atau membungkuk, namun dengan cara lain yang mungkin aneh menurut kita. Tak percaya?
Inilah cara salam paling unik di berbagai negara di dunia :
  1. Tepukan Tangan, Zimbabwe

    Salam dari Zimbabwe / stock-clip.com
    Jika datang ke Zimbabwe, jangan heran kalau kamu disambut dengan tepuk tangan. Bukan karena kamu tenar atau telah melakukan hal yang hebat, tapi tepuk tangan ini adalah sambutan bagi orang yang baru datang atau akan pergi. Uniknya, tepukan lelaki dan perempuan berbeda.
  2. Salam, Melayu (Indonesia, Malaysia)

    Salam berjabat-tangan / dsspartnerslawoffice.com
    Seperti yang sudah kita bahas di awal bahwa Indonesia memiliki salam dengan berjabat tangan, sama dengan Malaysia. Salamnya pun bermacam-macam, ada yang menggunakan satu tangan juga ada yang menggunakan dua tangan.
  3. Menyentuh Ibu Jari, Afrika

    Menyentuh ibu jari / easytrackghana.com
    Dalam menerima tamu asing, suku di beberapa daerah di Afrika mengungkapkan salamnya dengan menyentuh ibu jari juga menggoyangkan lengan. Hal ini merupakan hal yang wajib dilakukan dalam penyambutan tamu.
  4. Berjabat Tangan Sebanyak 3 Kali, Botswana

    Salam dari Botswana / nerdygaga.com
    Biasanya cukup sekali untuk melakukan jabat tangan, tapi di Botswana tradisi jabat tangannya berbeda. Mereka melakukannya sebanyak tiga kali. Mulai dari menyentuh tangan, merapatkan tangan, hingga menggoyang-goyangkan tangan.
  5. Mengepalkan Kedua Tangan, China

    Salam di China / traditions.cultural-china.com
    Orang China sering salam dengan cara mengepalkan kedua tangan. Hal itu juga bisa berarti uangkapan terima kasih.
  6. Bow (Membungkuk), Jepang

    Bow / tofugu.com
    Salam dari Jepang ini dilakukan dengan membungkukkan badan sebagai tanda menghormati orang lain. Semakin membungkuk, maka dianggap semakin menghormati lawan bicaramu.
  7. Wai, Thailand

    Wai / smilesonwings.org
    Tradisi salam ini adalah dengan membungkuk dan merapatkan kedua tangan sambil meletakkannya di depan dada.
  8. Mengeluarkan Lidah, Tibet

    Mengeluarkan lidah / poltrips.com
    Jangan kaget ketika kamu berkunjung ke Tibet dan ada orang yang menjulurkan lidahnya padamu. Bukan maksud mengejek, tapi ini adalah tradisi salam dari Tibet. Tradisi salam ini muncul dan berkembang ketika Raja Lang Darma berkuasa pada abad ke 9.
  9. Meludah, Afrika

    Meludah sebagai ungkapan salam suku Masai / dailymotion.com
    Suku Masai di Kenya dan Tanzania punya cara unik dalam menyambut tamu. Bukan bersalaman tiga kali atau memegang jempol seperti salam di beberapa daerah di Afrika lainnya, tapi adalah dengan cara meludah. Meludah wajah orang sampai penuh ludah akan dinilai sangat menghormati orang tersebut.
Itulah cara salam unik dari berbagai negara di dunia. Kamu pernah diberi salam yang mana aja?

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog